Vegetarian diharamkan dalam Islam?

Di kantor, saya sering dijuluki herbivora, istilah beken untuk Vegetarian kali ya… Sebagian orang memandang pola hidup vegetarian adalah polah hidup yang bagus. Atasan saya memuji pola hidup saya dengan mengambil benang merah antara penyakit gula yang beliau derita dengan kebiasaan hidup sehat ala vegetarian. Tapi lain halnya dengan seorang senior saya yang seorang muslimah yang memandang pola hidup vegetarian adalah hal yang sangat bertentangan dengan sunah nabi dan tidak sesuai dengan islam.

Benarkah pandangan ini? Untuk mencari jawaban tentang pandangan ini saya melakukan penelusuran pada beberapa situs-situs di internat dan beberapa literatur lain yang menguraikan tentang ajaran-ajaran islam. Hasilnya memang sungguh-sungguh mencengangkan. Hampir tidak ada pernyataan dari orang muslim modern yang mendukung tentang vegetarian. Yang ada hanya dua kubu, kubu yang netral terhadap pola hidup vegetarian dan kubu yang mengharamkan vegetarian.

Meski terdapat beberapa tokoh Islam Vegetarian:, yaitu antara lain Muhammad Rahiim Bawa Muhyinudiin (Guru Sufi dan Sastrawan.Sri Lanka), Rabiah Al Adawiyah Basri (Sufi wanita legendaris. Persia), Ibnu Sina, Avicenna (Tokoh kedokteran dan Ilmuwan Islam.Persia.) Abdul Qadir Al Jaelani: (Guru Besar Sufi. Pendiri Tarekat Qadiriyah. Persia), Ibnu Arabi (Ahli Ilmu Islam dan Master Sufi. Spanyol), (Muhammad Al Ghazali (Sarjana Sastra Islam. Persia),  Hazrat Nizamuddin Aulia (Master Sufi. Guru Spiritual dari Hazrat Chisti, India), Hazrat Muhyinuddin Chisti (Pendiri Orde Chisti. India), namun sayangnya dari tokoh-tokoh ini sebagian besar adalah sufi, yang menurut  beberapa sumber dikatakan bahwa sufi adalah ajaran Hindu yang dibalut dengan wajah Islam. Oleh karena itu Zaynab, seorang sufi wanita abad ke 9 yang di hukum karena menolak makan daging. Bahkan dalam beberapa tafsir dijelaskan bahwa seorang Muslim yang menjadi vegetarian dapat dianggap keluar dari Islam dan menjadi orang Kafir atau menyerupai Kafir, membuat perkara baru (bid’ah), mengingkari hukum yang Allah tetapkan dan mengingkari nikmat Allah.

Melihat kenyataan ini apa benar Islam mengharamkan vegetarian?

Menurut kalangan Islam ortodok, dalam kaedah fikih semua yang merupakan masalah adat, seperti makan, minum, pakaian, maka semuanya adalah boleh sampai ada dalil yang mengharamkannya. Kaedah inilah yang selanjutnya mendasari masalah makanan, seperti dikatakan tadi, pada dasarnya, memakan suatu makanan seluruhnya adalah halal sampai ada dalil syar’i yang menjelaskan bahwa makanan itu haram. Misalnya, diharamkan untuk memakan tikus, kodok, binatang yang bertaring atau binatang yang bercakar yang cakarnya itu digunakan untuk memangsa.

Sehingga dengan dasar pemikiran diatas, kaum Islam ortodok selanjutnya menjadikan ayat berikut sebagai pengukuhan atas pembenaran mereka. Ayat QS. Al Maidah [5]: 88 dan (QS. An Nahl [16]: 66) dijadikan pembenaran bahwasanya setiap hal yang tidak dilarang/diharamkan adalah halal dimakan.

وَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلالا طَيِّبًا وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي أَنْتُمْ بِهِ

“Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertaqwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (QS. Al Maidah [5]: 88)

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الأنْعَامِ لَعِبْرَةً نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (QS. An Nahl [16]: 66)

Namun jika kita mau jujur, dalam kedua ayat ini tidak ada perintah untuk memakan daging binatang dengan cara di bunuh, melainkan hak untuk dapat meminum susunya.

Lebih lanjut dalam hadis Nabi Muhammad disebutkan;

“Satu perbuatan baik yang dilakukan kepada seekor binatang sama pahalanya seperti bila dilakukan kepada manusia, sementara tindak kekejaman kepada seekor binatang sama buruknya seperti bila dilakukan kepada seorang manusia”

“Allah tidak akan mengasihani siapapun, kecuali kepada mereka yang mengasihi mahluk lain. Dimana ada sayur yang melimpah-limpah, sekumpulan besar malaikat akan turun ke tempat tersebut.

Lebih jauh Muhammad Raheem Bawa Muhaiyaddeen, seorang Sufi Islam mengatakan;

“Pada suatu ketika rasul Allah berkata kepada keponakannya, ‘Ali, “Oh ‘Ali, kamu semestinya tidak memakan daging. Jika kamu memakan daging selama 40 hari, maka kualitas itu akan masuk ke dalam dirimu. Tindakan-tindakan itu akan masuk ke dalam dirimu. Darah mereka akan masuk ke dalam dirimu. Kualitas-kualitas mereka dan tindakan-tindakan mereka akan masuk ke dalam dirimu. Karena itu, kualitas kemanusiaanmu akan berubah, kualitas welas asihmu akan berubah, dan intisari tubuhmu akan berubah. Oh ‘Ali, tidak seharusnya kamu makan daging. Kamu harus hilangkan itu. Jangan makan itu.”

Jadi, apakah Vetetarian haram?

Ya, jika anda mendasarkan pikiran anda atas dasar dogma bahwasanya segala sesuatau diciptakan untuk manusia dan semuanya boleh dilakukan selama tidak ada larangan dari Allah melalui Al-Quran.

Tapi jika anda berpikir lebih cerdas dan mengkaji secara lebih dewasa maka tentu jawabannya akan berbeda bukan?

Referensi:

Kitab Fathur-Rabbani dan Ja’ala Kawathir oleh: Abdul Qadir Al Jaelani.
Come To The Secret Garden oleh M.R Bawa Muhyinudin.
Richard C. Foltz: dalam kajian berjudul Is Vegetarian Un-Islamic?

http://muslimah.or.id/aqidah/vegetarian-dalam-timbangan-islam.html

http:// hiduplebihmulia.wordpress.com

Jilbab Wanita Muslimah, Syaikh Nashiruddin Al Albani.

Taisirul Karimirahman, Syaikh Abdurrahman As Sa’di.

Fadhilah IPTEK – Islam: Trying to be The Real Moslem, Nanung Danar Dono, S.Pt, M.P

www.islamicconcern.com
www.ivu.com

55 Comments

  1. Wah seru banget baca dr Awal sampe akhir, mata jd pedes. Ane Muslim dan kebetulan tinggal di Bali. Debat ok2 aja, ane juga sering debat ma temen2 Hindu tp sekedar fun dan olok2an.

    Vegetarian itu pola makan sebenarnya, bukan bersumber dari Agama. Dan di kitab Veda pun gk disebutkan, tp dipopulerkan oleh pengikut Hindu, komunitas di negara2 lain akhirnya jg mengikuti dan mempopulerkan, dan bukan karena alasan sepiritual, tp kesehatan semata, dan juga faktor kasih sayang pd binatang :)

    Tapi balik lagi sih, pertanyaan yg tetep mengganjal :
    Kalau seluruh manusia jadi vegetarian, apa gk tambah goyang keseimbangan alam di bumi ini?

    Pertanyaan itu selaras dg pernyataan bahwa tujuan Hindu adalah Moksa, pertanyaannya : Untuk Moksa secara Total harus menghindari segala sesuatu yg bersifat duniawi, bertapa, gk makan minum, sampai moksa dan menyatu dg Tuhan, trus, Berapa % jumlah orang hindu yang bisa mencapai Moksa itu ?? (ini belum bisa dijawab temen2 ane di Bali hikz)

    Salam, ya sebenarnya gk penting sih, hihi

  2. Menyambung……

    Pertanyaan & Jawaban

    ngarayana bertanya ::
    Bro, boleh tanya ga? Kita tahu bahwa di ajaran islam yang dilarang tidaklah banyak, bahan-bahan kimia seperti arsenik, ikan kembung yang beracun, beberapa jenis tanaman tropis yang tidak terdapat di gurun yang ternyata buruk untuk kesehatan dan bahkan beracun tidak diharamkan kan? terus apa halal dimakan juga?

    Jawab Toreex:
    Bahan kimia tidak disebutkan secara spesifik, tp yg membahayakan tubuh, itu sdh disebutkan haram broww. Logisnya siapa yang mau minum racun sianida misalnya. Atau siapa yang mau makan tempe goreng yang sudah dilumuri racun tikus? Kalau sudah tau itu membahyakan tubuh ya gk perlu dimakan. Itulah kenapa manusia dikasih pikiran untuk berpikir. Ganja yang bisa memabukkan haram karena segala yang memabukkan itu dilarang, apalagi yang mematikan ??? siapa yang mau ? Jadi sudah masuk di kategori broww.

    ngarayana bertanya ::
    Oh ya, saya tertarik dengan pernyataan anda agar saya mendapat hidayah. Boleh dijelaskan kenapa orang-orang non muslim harus menjadi muslim? Apa keunggulan Islam dan apa kesalahan agama yang lain bro?

    Jawab Toreex:
    Tidak ada kata HARUS bro, karena hidayah itu milik Allah SWT / hak prerogatif Dia. (bener gk kata itu )
    Yang harus dilakukan Muslim adalah mengajak atau menganjurkan hal-hal yang baik dan mencegah hal-hal yang buruk bagi masyarakat, ini pun ada tekniknya : dg the power of Kekuasaann (jika Penguasa), dg the power of Speech (kalau Ulama), dan the power of Heart (kalau gk punya keduanya wkwkkw. Kalau yang mentok ya bagimu terserahlah, bagiku terserah aku, gitu brow (AGAMA)
    Keunggulan?? Ya silakan ikuti debat2 di Youtube bro, banyak tu, tp maaf klo debat dg Hindu kyknya gk ada browww. Atau ntuk referensi baca di Wikipedia aja. Kalau baca Qur’an, tafsir, Asbabun Nuzul, Ijma’, Qiyaz dll wah perlu bertahun2 di pesantren browww, bisa pening

    ngarayana bertanya ::
    Bro, kenapa kepiting dan binatang yang hidup di dua tempat juga di haramkan?

    Jawab Toreex:
    Sejumlah peneliti menyatakan, kepiting bukanlah termasuk binatang yang hidup di dua alam, di darat dan di air. Kepiting merupakan hewan laut, atau sungai, sehingga media hidupnya adalah di air.
    Adapun kepiting yang ada di darat, dapat bertahan hidup karena adanya kantung air di dalam tempurungnya. Maka itu, kepiting pun tidak bisa berlama-lama di darat, sebab jika persediaan airnya habis, ia bisa mati.
    Berdasarkan kajian ilmiah tersebut, maka landasan hukum (illat) dari ulama masa silam menjadi kurang relevan lagi. Dan sesuai kaidah, jika illat-nya berubah, dapat berubah pula hukumnya.
    Sehingga, hukum mengonsumsi kepiting pun tidak lagi haram melainkan halal. Ini sesuai keputusan Komisi Fatwa MUI pada tanggal 15 Juni 2002 yang menyatakan bahwa kepiting halal untuk dikonsumsi sepanjang tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia.
    Sumber njiplak brow
    http://jakarta45.wordpress.com/2009/07/24/dialog-jumat-kepiting-haram-atau-halal/

    ngarayana bertanya ::
    Sementara ayat Al-Qur’an hanya 9000, apakah itu sudah melarang dan menganjurkan sekian juta jenis mahluk yang bisa di konsumsi manusia?

    Jawab Toreex:
    Pastinya broww. Qur’an itu sumber utama, Hukum Islam ada 4 : Qur’an, Hadits, Ijma’ dan Qiyaz. itu semua punya Tafsir yang sahih/bagus dan tidak sahih, makanya perlu belajar lebih dalam dan dalam lagi jika memang benar2 ingin memahami.

    Kalau tetang makanan halal dan haram itu sudah ada kategorinya broww :
    Makanan yang halal ialah makanan yang dibolehkan untuk dimakan menurut ketentuan syari’at Islam. segala sesuatu baik berupa tumbuhan, buah-buahan ataupun binatang pada dasarnya adalah hahal dimakan, kecuali apabila ada nash Al-Quran atau Al-Hadits yang menghatamkannya. Ada kemungkinan sesuatu itu menjadi haram karena memberi mengandung mudharat atau bahaya bagi kehidupan manusia.
    jenis-jenis makanan yang halal ialah:
    Semua makanan yang baik, tidak kotor dan tidak menjijikan.
    Semua makanan yang tidak diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya.
    semua makanan yang tidak memberi mudharat, tidak membahayakan kesehatan jasmani dan tidak merusak akal, moral, dan aqidah.

    Minuman yang halal ialah minuman yang boleh diminum menuerut syari’at Islam. Adapun minuman yang halal pada haris besarnya dapat dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
    Semua jenis air atau cairan yang tidak membahayakan bagi kehidupan manusia baik membahayakan dari segi jasmani, akal, jiwa maupun aqidah.
    Air atau cairan yang tidak memabukkan walaupun sebelumnya telah memabukkan seperti arak yang telah berubah menjadi cuka.
    Air atau ciran itu bukan berupa benda najis atau benda suci yang terkena najis (mutanajis).
    Air atau cairan yang suci itu didaatkan dengan cara-cara yang halal yang tidak bertentangan dengan ajaran Agama Islam.

    Makanan yAng Diharamkan:
    Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala, darah yang mengalir atau daging babi, karena sesungguhnya semua itu kotor. Barang siapa yang dalam keadaan terpaksa sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (ini rangkuman 2 ayat)

    Dari dua ayat diatas, terdapat beberapa jenis barang yang terang-terang diharamkan, yaitu: Bangkai (kecuali bangkai ikan dan belalang), darah (kecuali hati dan limpa), daging hewan yang disembelih ata nama selain Allah Swt), binatang yang mati tercekik, terpukul, terjatuh, karena ditanduk binatang lain, diterkam oleh binatang buas, dan yang disembelih untuk berhala.
    Semua makanan yang keji, yaitu yang kotor, menjijikan.

    Semua jenis makanan yang dapat mendatangkan mudharat terhadap jiwa, raga, akal, moral dan aqidah.
    Bagian berupa daging. Tulang atau apa saja yang dipotong dari binatang yang masih hidup.
    Makanan yang didapat dengan cara yang tidak halal seperti makanan hasil curian, rampasan, korupsi, riba dan cara-cara lain yang dilarang agama.

    Minuman yang aram adalah mnuman yang tidak boleh diminum karena dilarang oleh syariat Ilsam. Adapun jenis minuman yang haram tersebut pada garis besarnya dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu:

    Semua minuman yang memabukkan atau apabila diminum menimbulkan mudharat dan merusak badan, akal, jiwa, moral dan aqidah seperti arak, khamar, dan sejenisnya.

    Minuman dari benda najis atau benda yang terkena najis.
    Minuman yang didapatkan dengan cara-cara yang tidak halan atau yang bertentangan dengan ajaran Islam.
    Selain dari makanan dan minuman yang halal dan yang haram ada pula makanan dan minuman yang dimakruhkan, artinya sebaiknya tidak dimakan dan tidak diminum karena lebih banya mengandung madharatnya dari pada manfaatnya. Contoh, petai, jengkol, bawang. Sementara itu untuk rokok, terdapat kontroversi, ada yang menyatakan haram dan ada pula yang menghukuminya makruh. Untuk memperdalam pengetahuan tentang hukum rokok, ada baiknya baca artikel berikut: Fiqh Khilafiyah NU-Muhammadiyah; Seputar Hukum (me)rokok.

    Sumber ane nyontek di sini brow haha:
    http://semuaguru.blogspot.com/2011/06/makanan-dan-minuman-yang-halal-dan-yang.html

    ngarayana bertanya ::
    Terus bagaimana dengan bukti-bukti yang sudah saya paparkan secara ilmiah mengenai bahayanya Daging di atas bro? bisa di bantahkan ga? Anda dengar radio BBC tadi pagi jam 5 ga? Disana juga dipaparkan bahayanya mengkonsumsi daging olahan seperti sosis, karena dapat meningkatkan probabilitas kanker. Bagaimana menurut anda?

    Jawab Toreex:
    Ya yang sudah jelas2 tau itu membahayakan jiwa, gk usah dimakan browww… walaupun aslinya halal. Sama spt yg disebut di atas, kalau tempe goreng sudah tau dilumuri racun tikus gk usah dimakan.
    Yang menyehatkan banyak, bebas lah, asal sesuai ketentuan yang berlaku.

    Penutup : Vegetarian itu pilihan browwww, tp seperti komentar sebelumnya. Akan menjadi haram jika dijadikan hukum wajib vegetarian, karena akan menafikan hukum Allah swt yang telah menghalalkan segala yg di bumi kecuali telah datang dalil yang mengharamkannya,

    Salam kompak persahabatan

  3. He..he… aya-aya wae kang… :))

  4. Sekarang saya yang akan mencoba menjawab ya bro…
    sayangnya saya tidak berkiblat pada Bali, tapi pada kitab suci Veda :)

    Hindu tidak pernah menganjurkan Vegetarian seperti yang anda sampaikan, tapi Hindu menganjurkan Vegetarian. Slokanya dalam Veda? Ada dunk… jangan salah…
    baca bahasan Vegetarian menurut Hindu di link ini ya:
    http://narayanasmrti.com/2011/02/pembunuhan-dan-vegetarianisme/
    http://narayanasmrti.com/2009/02/kenapa-harus-vegetarian/

    Bagaimana kalau seluruh manusia Vegetarian? Wah malah bagus bro.. coba baca ulasan ilmiahnya di sini:

    http://narayanasmrti.com/2009/08/selamatkan-semua-mahluk-dengan-vegetarian/
    http://narayanasmrti.com/2009/05/tidak-makan-daging-bisa-selamatkan-bumi/

    Pertanyaan itu selaras dg pernyataan bahwa tujuan Hindu adalah Moksa, pertanyaannya : Untuk Moksa secara Total harus menghindari segala sesuatu yg bersifat duniawi, bertapa, gk makan minum, sampai moksa dan menyatu dg Tuhan, trus, Berapa % jumlah orang hindu yang bisa mencapai Moksa itu ?? (ini belum bisa dijawab temen2 ane di Bali hikz)

    Oh disini konsep moksa anda sudah salah. Moksa bukan berarti menghindari segala sesuatu yg bersifat duniawi, bertapa, gk makan minum, sampai moksa dan menyatu dg Tuhan. Mengenai moksa sudah saya bahas juga dalam artikel: http://narayanasmrti.com/2011/09/simpangsiur-konsep-moksa/ he he he.. sorry kalau saya banyak merujuk ulang ya bro… maklum ajaran Hindu begitu banyak dan luas sehingga satu topik perlu penjelasan banyak artikel :D
    Ada banyak jenis moksa menurut Hindu. Moksa sendiri artinya tidak terikat pada hal duniawi. jadi bisa saja orang sudah moksa meski dia di dunia ini dan makan-minum seperti biasa. Dia disebut moksa karena dia tidak punya keterikatan sama sekali dan hal ini disebut jivanmukti. ada lagi moksa yang lain, tapi tidak semua moksa setelah mati disebut menyatu dengan Brahman. Moksa adalah sebagai pelayan Tuhan di dunia rohani… nah sekarang pelajari dulu link ini sebelum membahas moksa ya bro…

  5. Thanks commentnya bro…
    tapi web ini sudah dipindahkan ke web yang baru di narayanasmrti.com jadi mohon comment di sana aja kecuali web yang baru itu telah down lagi.

    ngarayana bertanya ::
    Bro, boleh tanya ga? Kita tahu bahwa di ajaran islam yang dilarang tidaklah banyak, bahan-bahan kimia seperti arsenik, ikan kembung yang beracun, beberapa jenis tanaman tropis yang tidak terdapat di gurun yang ternyata buruk untuk kesehatan dan bahkan beracun tidak diharamkan kan? terus apa halal dimakan juga?

    Jawab Toreex:
    Bahan kimia tidak disebutkan secara spesifik, tp yg membahayakan tubuh, itu sdh disebutkan haram broww. Logisnya siapa yang mau minum racun sianida misalnya. Atau siapa yang mau makan tempe goreng yang sudah dilumuri racun tikus? Kalau sudah tau itu membahyakan tubuh ya gk perlu dimakan. Itulah kenapa manusia dikasih pikiran untuk berpikir. Ganja yang bisa memabukkan haram karena segala yang memabukkan itu dilarang, apalagi yang mematikan ??? siapa yang mau ? Jadi sudah masuk di kategori broww.

    Lalu apa bahayanya makan daging babi, katak, ular, biawak dan sejenisnya? Seperti binatang haram ini saat ini bisa diolah dan dipelihara sehingga bebas penyakit kan?

    ngarayana bertanya ::
    Oh ya, saya tertarik dengan pernyataan anda agar saya mendapat hidayah. Boleh dijelaskan kenapa orang-orang non muslim harus menjadi muslim? Apa keunggulan Islam dan apa kesalahan agama yang lain bro?

    Jawab Toreex:
    Tidak ada kata HARUS bro, karena hidayah itu milik Allah SWT / hak prerogatif Dia. (bener gk kata itu )
    Yang harus dilakukan Muslim adalah mengajak atau menganjurkan hal-hal yang baik dan mencegah hal-hal yang buruk bagi masyarakat, ini pun ada tekniknya : dg the power of Kekuasaann (jika Penguasa), dg the power of Speech (kalau Ulama), dan the power of Heart (kalau gk punya keduanya wkwkkw. Kalau yang mentok ya bagimu terserahlah, bagiku terserah aku, gitu brow (AGAMA)
    Keunggulan?? Ya silakan ikuti debat2 di Youtube bro, banyak tu, tp maaf klo debat dg Hindu kyknya gk ada browww. Atau ntuk referensi baca di Wikipedia aja. Kalau baca Qur’an, tafsir, Asbabun Nuzul, Ijma’, Qiyaz dll wah perlu bertahun2 di pesantren browww, bisa pening

    jadi kalau umat Hindu melakukan sebar agama ke muslim ga salah kan bro? :)) Aku punya beberapa temen muslim yang pindah ke Hindu seperti contohnya Genta Apritura dan Nalini Chandra Devi dari lombok. Tapi anda tahu tidak bagaimana perjuangan mereka menjadi Hindu? Mereka dipersulit, dikucilkan satu kampung, diancam dibunuh dan bahkan mereka harus melepas PNS mereka dan kabur ke Bali demi menghindari pembunuhan. Bagaimana menurut anda akan hal ini?

    ngarayana bertanya ::
    Bro, kenapa kepiting dan binatang yang hidup di dua tempat juga di haramkan?

    Jawab Toreex:
    Sejumlah peneliti menyatakan, kepiting bukanlah termasuk binatang yang hidup di dua alam, di darat dan di air. Kepiting merupakan hewan laut, atau sungai, sehingga media hidupnya adalah di air.
    Adapun kepiting yang ada di darat, dapat bertahan hidup karena adanya kantung air di dalam tempurungnya. Maka itu, kepiting pun tidak bisa berlama-lama di darat, sebab jika persediaan airnya habis, ia bisa mati.
    Berdasarkan kajian ilmiah tersebut, maka landasan hukum (illat) dari ulama masa silam menjadi kurang relevan lagi. Dan sesuai kaidah, jika illat-nya berubah, dapat berubah pula hukumnya.
    Sehingga, hukum mengonsumsi kepiting pun tidak lagi haram melainkan halal. Ini sesuai keputusan Komisi Fatwa MUI pada tanggal 15 Juni 2002 yang menyatakan bahwa kepiting halal untuk dikonsumsi sepanjang tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia.
    Sumber njiplak brow
    http://jakarta45.wordpress.com/2009/07/24/dialog-jumat-kepiting-haram-atau-halal/

    Okay bro… sip aku mengerti, lalu apa mungkin suatu saat Babi akan menjadi halal karena bisa bebas penyakit? atau binatang lain yang juga serupa dengan kepiting yang dulu haram/halal bisa menjadi sebaliknya? Jadi kebenaran itu relatif ya? :D

    ngarayana bertanya ::
    Sementara ayat Al-Qur’an hanya 9000, apakah itu sudah melarang dan menganjurkan sekian juta jenis mahluk yang bisa di konsumsi manusia?

    Jawab Toreex:
    Pastinya broww. Qur’an itu sumber utama, Hukum Islam ada 4 : Qur’an, Hadits, Ijma’ dan Qiyaz. itu semua punya Tafsir yang sahih/bagus dan tidak sahih, makanya perlu belajar lebih dalam dan dalam lagi jika memang benar2 ingin memahami.

    Kalau tetang makanan halal dan haram itu sudah ada kategorinya broww :
    Makanan yang halal ialah makanan yang dibolehkan untuk dimakan menurut ketentuan syari’at Islam. segala sesuatu baik berupa tumbuhan, buah-buahan ataupun binatang pada dasarnya adalah hahal dimakan, kecuali apabila ada nash Al-Quran atau Al-Hadits yang menghatamkannya. Ada kemungkinan sesuatu itu menjadi haram karena memberi mengandung mudharat atau bahaya bagi kehidupan manusia.
    jenis-jenis makanan yang halal ialah:
    Semua makanan yang baik, tidak kotor dan tidak menjijikan.
    Semua makanan yang tidak diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya.
    semua makanan yang tidak memberi mudharat, tidak membahayakan kesehatan jasmani dan tidak merusak akal, moral, dan aqidah.

    Minuman yang halal ialah minuman yang boleh diminum menuerut syari’at Islam. Adapun minuman yang halal pada haris besarnya dapat dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
    Semua jenis air atau cairan yang tidak membahayakan bagi kehidupan manusia baik membahayakan dari segi jasmani, akal, jiwa maupun aqidah.
    Air atau cairan yang tidak memabukkan walaupun sebelumnya telah memabukkan seperti arak yang telah berubah menjadi cuka.
    Air atau ciran itu bukan berupa benda najis atau benda suci yang terkena najis (mutanajis).
    Air atau cairan yang suci itu didaatkan dengan cara-cara yang halal yang tidak bertentangan dengan ajaran Agama Islam.

    Penjelasan yang menarik.. thanks bro

    Makanan yAng Diharamkan:
    Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala, darah yang mengalir atau daging babi, karena sesungguhnya semua itu kotor. Barang siapa yang dalam keadaan terpaksa sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (ini rangkuman 2 ayat)

    Dari dua ayat diatas, terdapat beberapa jenis barang yang terang-terang diharamkan, yaitu: Bangkai (kecuali bangkai ikan dan belalang), darah (kecuali hati dan limpa), daging hewan yang disembelih ata nama selain Allah Swt), binatang yang mati tercekik, terpukul, terjatuh, karena ditanduk binatang lain, diterkam oleh binatang buas, dan yang disembelih untuk berhala.
    Semua makanan yang keji, yaitu yang kotor, menjijikan.

    Saat ini di banyak restoran atau warung, yang membeli daging dari tukang jagal, sangat perlu disangsikan bahwa binatang yang disemblih itu didoakan dengan menyebut nama Allah, dan mungkin juga diolah dengan tidak sepatutnya. Bagaimana tuh bro? Anggap aja KFC, McDonal atau restoran “kafir” lainnya? :D

    Semua jenis makanan yang dapat mendatangkan mudharat terhadap jiwa, raga, akal, moral dan aqidah.
    Bagian berupa daging. Tulang atau apa saja yang dipotong dari binatang yang masih hidup.
    Makanan yang didapat dengan cara yang tidak halal seperti makanan hasil curian, rampasan, korupsi, riba dan cara-cara lain yang dilarang agama.

    Minuman yang aram adalah mnuman yang tidak boleh diminum karena dilarang oleh syariat Ilsam. Adapun jenis minuman yang haram tersebut pada garis besarnya dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu:

    Semua minuman yang memabukkan atau apabila diminum menimbulkan mudharat dan merusak badan, akal, jiwa, moral dan aqidah seperti arak, khamar, dan sejenisnya.

    Minuman dari benda najis atau benda yang terkena najis.
    Minuman yang didapatkan dengan cara-cara yang tidak halan atau yang bertentangan dengan ajaran Islam.
    Selain dari makanan dan minuman yang halal dan yang haram ada pula makanan dan minuman yang dimakruhkan, artinya sebaiknya tidak dimakan dan tidak diminum karena lebih banya mengandung madharatnya dari pada manfaatnya. Contoh, petai, jengkol, bawang. Sementara itu untuk rokok, terdapat kontroversi, ada yang menyatakan haram dan ada pula yang menghukuminya makruh. Untuk memperdalam pengetahuan tentang hukum rokok, ada baiknya baca artikel berikut: Fiqh Khilafiyah NU-Muhammadiyah; Seputar Hukum (me)rokok.

    Sumber ane nyontek di sini brow haha:
    http://semuaguru.blogspot.com/2011/06/makanan-dan-minuman-yang-halal-dan-yang.html

    Okay, masukan yang bagus bro

    ngarayana bertanya ::
    Terus bagaimana dengan bukti-bukti yang sudah saya paparkan secara ilmiah mengenai bahayanya Daging di atas bro? bisa di bantahkan ga? Anda dengar radio BBC tadi pagi jam 5 ga? Disana juga dipaparkan bahayanya mengkonsumsi daging olahan seperti sosis, karena dapat meningkatkan probabilitas kanker. Bagaimana menurut anda?

    Jawab Toreex:
    Ya yang sudah jelas2 tau itu membahayakan jiwa, gk usah dimakan browww… walaupun aslinya halal. Sama spt yg disebut di atas, kalau tempe goreng sudah tau dilumuri racun tikus gk usah dimakan.
    Yang menyehatkan banyak, bebas lah, asal sesuai ketentuan yang berlaku.

    Sip sip sip setuju bro…

    Penutup : Vegetarian itu pilihan browwww, tp seperti komentar sebelumnya. Akan menjadi haram jika dijadikan hukum wajib vegetarian, karena akan menafikan hukum Allah swt yang telah menghalalkan segala yg di bumi kecuali telah datang dalil yang mengharamkannya,

    Salam kompak persahabatan

    Sip… jadi intinya Vegetarian ga haram kan?

    Salam kompak juga…

Leave a Comment

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: